SALUT (Sentra Layanan Universitas Terbuka)" Kota Tegal Dapat Kunjungan Dari Dosen FKIP-UT Pusat


GARUDANEWS.net // TEGAL - JAWA TENGAH|| Guna melakukan penelitian dan monitoring pada SALUT (Sentra Layanan Universitas Terbuka) Kota Tegal, dosen PG (Pendidikan Guru) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) UT (Universitas Terbuka) Pusat, Dr. Tri Tatminingsih, M.Pd kunjungi SALUT Kota Tegal. Minggu (12/06/2022) siang.


Dalam kunjungannya, dihadapan pengelola, serta perwakilan mahasiswa dan mahasiswi UT SALUT Kota Tegal, Dr. Tatminingsih, M.Pd mengatakan bahwa kunjungannya adalah dalam rangka melakukan penelitian, monitoring dan kajian dan wawancara kepada pengelola maupun mahasiswa/mahasiswi UT semua program studi yang berkuliah melalui Sentra Layanan Universitas Terbuka Kota Tegal. 


"Kunjungan kami ke SALUT Kota Tegal bertujuan untuk melakukan penilitian dan wawancara, setiap team berangkat secara paralel ke seluruh daerah yg telah membuka SALUT, masing -masing team ada 4 dosen yang terbagi sesuai prodik (program pendidikan) yang kita ampu, tentunya yang berkaitan dengan kelembagaan yang terkait dengan UT. Seperti halnya SALUT dan POKJAR (Kelompok Belajar) UT. Juga untuk mengembangkan metode atau model sehingga bisa memunculkan ide-ide, melakukan analisa, apakah SALUT Kota Tegal sudah ideal apa belum", paparnya.


Selepas memberikan pemaparan, beberapa hal dipertanyakan Dr. Tatminingsih kepada pada mahasiswa/mahasiswi yang hadir. Hal yang dipertanyakan diantaranya perihal apa alasan memilih kuliah melalui SALUT, pelayanan apa saja yang diberikan, biaya yg dikeluarkan diluar SKS, serta fasilitas apa saja yang diperoleh. Dari beberapa pertanyaan tersebut didapat jawaban bahwa kuliah melalui SALUT itu mudah, murah, fasilitas lebih nyaman. Pengelola menyediakan layanan online gratis secara nonstop selama 24 jam. Sehingga mendukung mahasiswa terkoneksi dengan mudah.




Sedangkan kepada pengelola SALUT Kota Tegal, Mulyani,S.Pi,MM, diberikan pertanyaan tentang bagaimana cara atau trik pengelola SALUT untuk menarik minat mahasiswa/mahasiswi agar mau berkuliah di UT melalui SALUT. Pada kesempatanya pada saat memberi jawaban, Mulyani menjelaskan bahwa beberapa cara telah dilakukan, diantaranya mengelar sosialisasi publik dengan cara mengadakan Talk Sow, serta mempublikasikan melalui beberapa media online. Ujar Mulyani.


Menurut Mohammad Jidan, salah satu mahasiswa program beasiswa (bidik misi) mata kuliah Ekonomi Pembangunan UT semesrer IV saat dimintai keterangan oleh media ini mengutarakan, "Sebagai mahasiswa UT saya merasa terbantu dengan adanya SALUT. Dengan fasilitas yang ada seperti laptop dengan jaringan internet yg online selama 24 jam, kita dipermudah dalam melangsungkan kuliah". Hal senada seperti apa yang disampaiakan Mohammad Jidan juga diutarakan oleh Vera Kurniati, mahasiswi program beasiswa (CSR) UT mata kuliah Akutansi semester 8 mengatakan jika dirinya sangat puas dengan adanya SALUT. Karena itu, dirinya merasa termotivasi ingin melanjutkan hingga jenjang S2 Akutansi, terang mereka.


Diketahui melalui website resmi SALUT Kota Tegal, www.salutegal.com, bahwa SALUT (Sentra Layanan Universitas Terbuka) Kota Tegal yang beralamat di Jalan K.S.Tubun No. 41 Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal adalah salah satu SALUT dibawah UPBJJ-UT Purwokerto (Unit Program Belajar Jarak Jauh  Purwokerto). SALUT bertujuan untuk memberikan dukungan layanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa  atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainya.


 (Iman)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama