Grebeg Sura di Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya-Pusat Tegal


GARUDANEWS.net/ / KABUPATEN TEGAL-JAWA TENGAH || Bertempat di Padepokan Wulan Tumanggal, Jl. Garuda, No. 1, Ds. Dukuhtengah, Kec. Bojong, Kab. Tegal, dilaksanakan kegiatan Pembinaan Keluarga Rahayu Hari Raya Sura 1956 J/2022 M, Grebeg Sura Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya-Pusat Tegal, kegiatan diikuti lebih kurang 312 orang. Sabtu (30/7/2022) siang

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Eris Yunianto, S.Pd, M.Pd. (perwakilan Gubernur Jateng), Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Eris Yunianto, S.Pd, M.Pd, Danramil 20/Bojong Kapten Arh Sinal Sukomo Adi, Kapolsek Bojong AKP Rudi Wihartana, S.H, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah KH. Taslim Syahlan, Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotus Sholihin Demak KH. Muhammad Abdul Qodir, Mubaligh Daerah Jemaat Ahmadiyah Indonesia Provinsi Jawa Tengah Maulana Saefullah Ahmad Farouk, Paguyuban Tosan Aji Panji Pandanaran Kabupatèn Semarang Lilik Taufik Hidayat, Perempuan Berpusaka Kabupaten Semarang Eni Istokhomah, Peneliti Laboratorium Kebhinekaan Dyah Ismoyo Wati, Koordinator Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Setyawan Budy, Generasi Muda FKUB Provinsi Jawa Tengah Bagus Dicky Prayoga.

Acara diawali pembacaan doa, pengucapan Pancasila, menyanyikan lagu Bagimu Negeri, menyanyikan lagu Mars Anak Alam Nusantara (AAN) dan dilanjutkan dengan laporan panitia, pentas seni, sambutan-sambutan. Acara ditutup dengan ramah tamah.

Ketua Panitia Pembinaan Keluarga Rahayu Hari Raya Sura 1956 J/2022 M, Grebeg Sura Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya-Pusat Tegal Bapak KRAT S. Puspoyudho, yang dalam sambutanya mengucapan salam selamat datang kepada segenap tamu undangan dan kepada seluruh keluarga, putra dan putri keluarga besar Argasonya atas kehadirannya, sehingga kegiatan berjalan dengan semarak dan guyub (Rukun).

"

Ucapan rasa syukur kepada Tuhan YME sehingga kita semua masih diberikan kesehatan, sehingga dapat berkumpul dalam kegiatan pada siang hari ini. Kegiatan diselenggarakan sebagai acara rutin dalam penyambutan tahun baru Sura pada setiap tahunnya serta bertujuan untuk menciptakan kerukunan antar unat beragama khususnya keluarga besar Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya-Pusat Tegal.", Ujarnya

Direktur kepercayaan terhadap Tuhan YME dan masyarakat adat Bpk. Sjamsul Hadi, S.H. MM dalam sambutanya menyampaiakan saran kepada Romo guru untuk senantiasa melakukan peningkatan pendidikan yang sudah disesuaikan oleh Depdikbud, melakukan uji kompetensi untuk tingkat terampil dan ahli yaitu menjalankan atau turut menyukseskan, layanan pendidikan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa kepada Kabupaten Tegal melalui Bapak Hartono, kiranya perlu pengawalan khusus warga penghayat kepercayaan khususnya siswa siswi di Kabupaten Tegal.

"Kami akan selalu komunikasi dengan Dinas Pendidikan di provinsi untuk selalu mendorong tiap-tiap SMA maupun SMK melakukan penyempurnaan dapodiknya Kenapa saya sampaikan penyempurnaan Dapodik, dikarenakan penghayat siswa kadang masih salah dengan masih menyebut nama agama. Selanjutnya mohon dibantu melalui FKUB Jawa Tengah kiranya suatu saat juga menyelenggarakan kegiatan di padepokan ini, pertemuan generasi muda atau apapun, berharap inisiatif direktorat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa turut berpartisipasi di Jawa", Papar Sjamsul Hadi

Dikatakan juga oleh Sjamsul Hadi bahwa TAP MPR 78 yang berpindah ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nama organisasi yang menangani penghayat berganti nama binahayati. Direktorat pembinaan penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa sejak tahun 78 sampai Tahun 2022.

"Kami sampaikan bahwa di Kementerian Pendidikan Kebudayaan ada dana Abadi, dana Abadi itu hasil investasi keuntungan yang ditaruh dan terus nanti akan meningkat nilainya, dimanfaatkan untuk sepenuhnya di bidang kebudayaan serta berharap dari Romo guru bisa turut serta mengusulkan kepada perwakilan daerah-daerah, alhamdulillah kegiatan Pembinaan Keluarga Rahayu Hari Raya Sura 1956 J/2022 M, Grebeg Sura Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya-Pusat Tegal telah selesai dengan tertib, aman dan lancar". Pungkasnya.

(Iman)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama