Kunjungan Audiensi Tim Pengelola PKL Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP USU Ke Sekda Kabupaten Langkat


GARUDANEWS.net // LANGKAT - SUMUT|| Sekda Kabupaten Langkat, dr. H. Salahuddin, M.Kes, M.M, didampingi Kabag Tata Pemerintahan dan Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Desa serta jajarannya menerima kunjungan audiensi dari Tim Pengelola PKL Program Studi Ilmu Administrasi FISIP-USU Ibu Dra. Feruati Tri Murni M.Si, Ph.D,di ruangan Sekda Kabupaten Langkat (25/04/2022). Kegiatan PKL mahasiswa Prodi IAP FISIP-USU dikhususkan kepada mahsiswa Angkatan 2019. Adapun pelepasan kegiatan PKL akan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2022. 

Pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk lain dari PKL mahasiswa pada dasarnya merupakan wujud riilnya dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pada konteks memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa dalam rangka mendorong kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara pada konteks ini telah melakukan beragam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam beragam sektor, bentuk dan metode sesuai dengan visi-misi prodi, minat mahasiswa dan kebutuhan masyarakat. PKL dalam bentuk pengabdian ini juga telah menjadi rutinitas pada Prodi Ilmu Administrasi Publik. 

Tim Pengelola PKL Prodi IAP FISIP-USU terdiri dari para akademisi bekerja sama dengan para praktisi di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat, PKL tersebut dapat diselenggarakan dalam beragam bentuk kegiatan antara lain melalui kegiatan magang, praktek kerja industri, praktek korporasi, lembaga pemerintahan dan lembaga publik lainnya. Disamping itu kegiatan PKL tersebut juga dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengidentifikasi permasalahan sosial, budaya, ekonomi dan permasalahan kehidupan lainnya guna menemukan secara bersama-sama solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Kunjungan audiensi dari Prodi IAP FISIP-USU yang dipimpin oleh Ibu Dra. Februati Tri Murni, M.Si, Ph.D, selaku Ketua Prodi IAP, didampingi Sekretaris Program Studi Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, serta Dosen Tetap M. Imanuddin Kandian Saraan, S.Sos, M.A.P,  Di sambut langsung oleh Sekda Kabupaten Langkat ,dr. H. Indra Salahudin, M.Kes, MM, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Suriyanto S.Sos, Kepala Dinas PMD, Sutrisuanto S.Sos.

Dalam sambutannya,  Sekda Langkat mengatakan bahwa antara USU dan Kabupaten Langkat sudah terjalin MOU Kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga menyambut baik pelaksanaan PKL ke seluruh desa di Kecamatan yang ada di bawah Kabupaten Langkat. Kerja sama ini merupakan kontribusi USU yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Propinsi Sumatera Utara dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Langkat.

Dengan kedatangan Tim Pengelola PKL Prodi IAP FISIP-USU ke Pemda Kabupaten Langkat bisa saling berbagi informasi dan mahasiswa belajar praktek turun ke desa dalam melaksanakan program PKL.

Selanjutnya, Tim Prodi IAP dalam sambutannya mengatakan tujuannya datang ke Kantor Sekda untuk berkoordinasi dalam penentuan desa-desa yang akan menjadi lokasi PKL para mahasiswa dalam melakukan sensus desa nantinya. 

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sebelumnya di buka oleh sesi berkenalan serta pemaparan Kerangka Acuan Kerja Pelaksanaan PKL Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP-USU oleh Tim Prodi. Dalam hal ini, Ketua Prodi Ibu Februati menekankan bahwa keterlibatan Sekda dan jajarannya dalam mensinergikan kepada Camat dan Kepala Desa  adalah untuk mengatasi berbagai kendala dan permasalahan yang timbul selama PKL berlangsung, sehingga dapat dipertimbangkan dan dicarikan solusi yang tepat.

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan untuk menerima kedatangan mahasiswa dengan menindaklanjuti diskusi dalam penentuan kelompok mahasiswa ke 11 Desa dan 1 Kelurahan di Kantor Kecamatan Padang Tualang agar bentuk skema kerja sama ke Desa akan semakin jelas dalam mendukung program kerja sama USU dan PemKab Langkat dalam program PKL agar lebih sukses.

 (Dara /Gus)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama