Plt Walikota Tanjung Balai Temu Ramah Dengan Dr. M. Sontang Sihotang, S.Si, M.Si


GARUDANEWS.net // MEDAN -SUMUT || Disela-sela kegiatannya, setelah selesai menghadiri acara pertemuan Perkumpulan Adat Budaya Melayu, di Medan, Plt Walikota Tanjung Balai, Waris Tholib, menyempatkan diri bertemu ramah-tamah dengan Dr. M. Sontang Sihotang, S.Si, M.Si dan Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, di Restoran Koki Sunda, Jalan Hayam Wuruk, Selasa (26/07/2022) sekira Pukul 15:30 WIB

Plt Walikota Tanjung Balai menerima Dr. M. Sontang Sihotang, S.Si, M.Si dan Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D yang sekaligus adalah dosen pengajar di salah satu universitas ternama yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut, berbincang-bincang santai dan dipaparkan hasil penelitian pengabdian masyarakat yang telah dilakukan selama ini, yakni tentang hasil pengolahan limbah tulang ikan, kulit kerang menjadi kalsium bernilai tinggi, yang nantinya dapat menjadi penghasilan masyarakat pesisir yang ada di daerah Tanjung Balai.

Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, menjelaskan pada langkah awal nantinya dilakukan sosialisasi melalui transfer knowledge kepada masyarakat pesisir yang ada di Tanjungbalai.

" Tahap awal adalah pemetaan masyarakat, selanjutnya transfer knowledge tentang pengolahan limbah tulang ikan dan kulit kerang ini menjadi kalsium," jelasnya.

Dr. M. Sontang Sihotang, S.Si, M.Si, mengatakan potensi di daerah Tanjung Balai sangat besar, dimana mata pencaharian masyarakatnya adalah nelayan, sehingga banyak limbah tulang ikan dan kulit kerang yang terbuang tidak dimanfaatkan untuk diolah menjadi kalsium alami yang berkhasiat.


Selain itu, dengan dukungan dari Pemko Tanjungbalai yang memfasilitasi inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian/ penghasilan masyarakat pesisir yang ada di Tanjungbalai.

" Inovasi dari hasil penelitian yang kami lakukan, diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat peningkatan perekonomian masyarakat pesisir, melalui transfer knowledge tentang pengolahan limbah tulang ikan dan kulit kerang menjadi kalsium alami yang bernilai tinggi," ujar Dr. M.Sontang Sihotang, S.Si, M.Si.

Plt Walikota Tanjungbalai, Waris Tholib, menyambut baik inovasi ini dengan memberikan kesempatan kepada Dr. Muhammad Sontang Sihotang, S.Si, M.Si dan Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, untuk datang ke Pemko Tanjungbalai, guna membahas konsep-konsep pengolahan limbah tulang ikan dan kulit kerang menjadi kalsium alami.

" Silahkan datang ke Pemko Tanjungbalai, biar dibahas dan difasilitasi, bagaimana tekhnis pelaksanaannya," tutur Waris Tholib.

Temu ramah Plt Walikota Tanjungbalai, Waris Tholib sambil makan bersama diakhiri berswa foto.

( Gus )

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama