Wali Kota Medan Akan Kunjungi Makam Guru Patimpus.

GARUDANEWS.net // HAMPARAN PERAK-SUMUT|| Meriahnya perayaan HUT Kota Medan Ke-432 tertanggal 1 Juli 2022, dan bakal datangnya Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk menziarahi Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi di Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak menjadi catatan tersendiri, Sabtu (2/1/2022).

Areal makam Pendiri Kota Medan tersebut di tanah yang keadaannya menyedihkan. Memasuki lokasi ke pusara Guru Patimpus harus melewati tembok perumahan warga dan akses jalan yang belum resmi.

Bahkan ke makam Guru Patimpus harus melalui sebuah pintu yang dibuatkan seorang warga bernama Jamrik. Karena hingga kini belum ada jalan menuju kuburan seorang yang dihormati bermarga Sembiring Pelawi itu.

Diketahui makam Guru Patimpus direnovasi saat Bulan Bhakti Karang Taruna Sumut tertanggal 20 November 2017.

Sebelumnya menurut warga Hamparan Perak Runa (48) bahwa lokasi makam Guru Patimpus adalah gundukan tanah dengan ditumbuhi serumpun pohon bambu dan dipenuhi ilalang serta semak belukar.

Terpisah, terlihat telepon seluler Ketua Karang Taruna Hamparan Perak Sulaiman berdering. Infonya Wali Kota Medan Bobby Nasution bakal berziarah ke makam Guru Patimpus di Desa Lama Hamparan Perak.

Ketua DPP Pemuda Barisan Karo Jesaya Tarigan, meminta menghormati seorang yang dianggap berjasa dalam pendirian Kota Medan, dan karena perjuangannya bermanfaat bagi orang lain.

" Ini merupakan adab ketimuran. Kita sangat menghormati Guru Patimpus Sang Pendiri Kota Medan sehingga di hari ulang Kota Medan Ke-432, Kita datang untuk berziarah,” beber Jesaya Tarigan.

(Nik/MUP)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama