Putus Total Jalan Provinsi Ruas Dola-Duria Km.27 Nias Tengah Kabupaten Nias

Gunung Sitoli Nias
jalan Provinsi ruas Dola - Duria Km.27 Desa Fadoro Honogoa Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara terputus total akibat longsor yang terjadi pagi dini hari tadi, Senin (28/11). ( foto: Edison Lase)


GARUDANEWS.net // GUNUNG SITOLI-NIAS -SUMUT|| Diduga akibat curah hujan yang tinggi, jalan Provinsi ruas Dola - Duria Km.27 Desa Fadoro Honogoa Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara terputus total akibat longsor yang terjadi pagi dini hari tadi, Senin (28/11).

Belum ada laporan korban jiwa hingga saat ini, namun sejumlah kendaraan dari dan ke Nias Barat terpaksa kembali atau mencari jalan alternativ. Namun sejumlah kendaraan roda dua nekat melewatinya dengan resiko yang bisa mengintai bila tidak waspada.

Peristiwa longsornya jalan Provinsi ini bagaikan isyarat bersama menyambut kedatangan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ke pulau Nias pagi tadi Senin (28/11), meski Gubernur Sumut ini tidak sempat melihat kondisi jalan yang longsor karena segera menuju Nias Utara, namun pihak UPT JJ Gunungsitoli Dinas Binamarga & Bina Konstruksi Provinsi Sumut Dengan sigap langsung kelokasi sekalian melakukan kordinasi dengan pihak terkait antara lain Camat, Kades setempat dan tokoh masyarakat setempat" ujar John Sitorus (PPTK-JJ) UPT Gunungsitoli Dinas Provsu, saat dikonfirmasi wartawan ini via selulernya Senin (28/11) 

"Iya pak langkah pertama tadi pagi kami rapat didesa bersama Camat, Polres Nias, Kepala Desa serta tokoh masyarakat dan warga setempat. Ada beberapa kesepakatan yang disetujui yakni membebaskan sebagian lahan warga untuk digunakan sebagai jalan darurat alternativ agar bisa dilewati kendaran roda dua dan roda empat. Selanjutnya mulai pukul 19.00 wib malam ini, jalan yang mengalami longsor ditutup untuk umum hingga besok siang, karena mulai malam ini kita mengerahkan seluruh tenaga dan peralatan bekerja dilapangan dengan dukungan masyarakat setempat". Ucapnya

Lebih jauh, John Sitorus mengatakan Kendala dari warga hampir tidak ada karena semua mendukung, namun kita berdoa agar tidak ada ganguan alam baik hujan maupun angin malam ini, karena target kita besok siang jalan darurat alternativ wajib selesai". Jelas Sitorus.

 (Ela)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama