Bencana Banjir Bandang di Sibolangit Sembahe

Banjir bandang yang terjadi di daerah Kecamatan Sibolangit. ( Red )


GARUDANEWS.net // SIBOLNGIT || Peristiwa tanpa diduga terjadi bencana banjir Bandang di sungai sembahe dan meluapnya debit air ke Jalan Tikungan Amoy Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, pada Minggu ( 30/04/2023 ) sekira pukul 16:00 WIB.

Banjir bandang yang diakibatkan derasnya curah hujan yang tinggi di wilayah Kecamatan  Sibolangit sekitar dua jam lebih, diduga menjadi penyebab terjadinya banjir bandang tersebut.

Salah satu desa yang terdampak luapan debit air adalah, Desa Sembahe, banjir bandang tersebut mengakibatkan sebuah mobil hanyut terbawa arus banjir bandang yang sempat terekam dalam video amatir oleh masyarakat yang menyaksikan  derasnya curah hujan.

Di pegunungan arah Bandar Baru  menyebabkan,  genangan air hujan meluap hingga ke badan Jalan Jamin Ginting / Jalan utama Medan- Berastagi. Sementara itu di Desa Bandar Baru, yang diperkirakan setinggi 30 cm pada daerah yang merupakan dataran rendah.

Pemerintah bersama stakeholder yang ada langsung melakukan evakuasi kepada warga masyarakat, sekira pukul 16:30 WIB yang berada di sekitar lokasi  pemandian Sembahe dan warga yang  tinggal di perumahan sekitar objek wisata Sembahe Kecamatan Bandar baru.

Terlihat luapan air menggenangi badan jalan dan Halaman pemukiman warga yang berada di sekitar pinggiran jalan Jamin Ginting Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit.

Langkah yang diambil Muspika dalam hal ini terus memonitor di seluruh desa dan menyampaikan apabila ada perkembangan baik longsor maupun Korban jiwa agar segera melaporkan nya agar segera di tindak lanjuti

Menghimbau kepada para Kepala Desa Se- Kecamatan Sibolangit, agar menyampaikan kepada warganya ataupun pengunjung di objek wisata agar waspada jangan mendekat ke lokasi sungai, yang dapat membahayakan para pengunjung pantai dan warga sekitar.

Hingga saat ini dampak meluapnya debit air di lokasi Pemandian Sembahe dan jalan lintas Medan berastagi di Desa Bandar baru mengakibatkan kemacetan yang luar biasa dan terhentinya arus lalu lintas baik dari arah Berastagi ke Medan maupun dari Arah Medan menuju Berastagi

Babinsa Koramil 03/Sibolangit  beserta Warga masyarakat menghimbau warga agar tidak panik dikarenakan debit luapan air cepat surut.

Pantauan awak media sampai saat ini belum di temukan Korban jiwa akibat dampak banjir bandang dan luapan air hingga ke jalan lintas, dan saat ini situasi masih kondusif dan terkendali.

( Rian )

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama