Pencurian BBM Pertamina Laut Belawan Semakin Mengganas

Para pelaku pencurian BBM PT. Pertamina yang tertangkap kamera saat mengangkut hasil curiannya. ( Manik )


GARUDANEWS.net // BELAWAN||Sudah puluhan orang pelaku Pencurian bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina di diamankan oleh petugas keamanan Pertamina, kemudian para pelaku di serahkan ke Polres Pelabuhan Belawan. 

Para pelaku pencurian BBM sebelumnya diamankan di kawasan kampung Kurnia dan Medan Labuhan, dari pantauan awak media ini, para pelaku selalu berpindah - pindah dalam melaksanakan aksinya,  dan kali ini ditemukan mulai mengganas dalam menjalankan aksi ilegalnya di daerah Tangkahan Asbul, Bagan Deli, tepatnya di Gang Wasliyah Lingkungan 6 Bagan Deli Belawan, Kecamatan Medan Belawan. 

Menurut keterangan narasumber, kepada awak media mengatakan bahwa, hampir setiap harinya di daerah Belawan ini rawan pencurian BBM milik PT. Pertama,  dimulai dari Boy 1 hingga Paluh Amerika telah ada berapa titik pipa yang sudah di bor, ungkap narasumber.

Selain itu, banyaknya para pelaku pencurian BBM milik Pertamina ini, membuat pelaku malahan semakin beringas, seolah-olah tidak takut dengan persoalan hukum yang akan menjerat mereka.

Kepada awak media ini, Rabu (17/05/23 ) diceraikan oleh narasumber jika, bulan lalu pelaku pencurian BBM Pertamina di tangkap di kawasan Kampung Kurnia dan Medan Labuhan, kini pemain besarnya diduga pindah ke Tangkahan Asbul Bagan Deli, Gang Washliyah Lingkungan 6 Bagan Deli Belawan.

Informasi yang didapatkan, para pelaku pencurian BBM Pertamina ini, menggunakan kapal Bot motor dan bergerak mulai pukul 01.00 WIB hingga  pukul 03:00 WIB, para pelaku mulai beraksi.

Seperti diketahui, salah seorang pelaku pencurian berinisial AA yang tinggal di Lorong Alwasliyah Bagan Deli,  hampir setiap malamnya, diduga melakukan pencurian bersama rekannya berjumlah 4 orang, dengan menggunakan kapal motor.

Dari Narasumber menceritakan, jika pelaku selalu bersandar di Titi panjang (Tibar), maka BBM hasil curian sudah di kemas di dalam jerigen ukuran 25 liter, diduga kalau hasil curian mendarat di pangkalan Haji Asbul, BBM curiannya masih dalam jerigen plastik besar ukuran 50 liter, begitulah setiap malam. yang diceritakan narasumber kepada awak media.

Hasil pencurian BBM di bawa ke gudang siong paling sedikit yang mereka curi 2 ton per malamnya, kalau hasil curian pakai jerigen langsung di bawa ke pengecer di bawa ke Medan Labuhan mereka jual dengan harga per liternya Rp7 ribu rupiah.

Kemudian, diduga otak pelaku pencurian BBM Pertamina di laut berinisial AA, menurut informasi mantan residivis, kala itu pernah diamankan Satuan Intel Angkatan Laut pada tahun 2000 yang lalu, dan proses hukumnya berlanjut ke pengadilan dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara. 

Diminta kepada Petugas Aparat Penegak Hukum, segera membersihkan Belawan ini, dari aksi para pelaku pencurian yang meresahkan karena efek pengeboran pipa minyak tersebut dapat mengakibatkan kebakaran dan ledakan.

Selain itu aksi pencurian ini jelas-jelas telah merugikan negara dalam hal ini, BUMN PT. Pertamina yang kehilangan pasokan minyak secara ilegal serta indikasi perbuatan merusak barang milik negara, seperti dalam pasal KUHP Tindak Pidana Pencurian Pasal 362, 363, Tentang Pencurian, juga UU tentang Penghancuran atau Perusakan dalam Bentuk Pokok Pasal 406 KUHP ayat (1) dan (2).

(Nik)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama