Buntut Sterilisasi Wartawan Meliput, LBH Medan: Kapolda Harus Minta Maaf kepada Pers

 

Wartawan dilarang meliput saat acara Farewel Parade Kapolda Sumut. ( Red )


GARUDANEWS.net // MEDAN || Adanya larangan meliput yang diterapkan Polda Sumut terhadap wartawan dalam acara Farewell Parade Kapolda Sumut di Mapoldasu Jalan Medan-Tanjung Morawa Km 10,5 Medan, Jumat (21/7/2023) kemarin, memicu banyak pertanyaan dan tanggapan negarif.

Buntut dari peristiwa itu, mendapat kritikan keras dari LBH Medan, dimana dikatakannya, apa yang dilakukan kepada rekan-rekan media adalah bertentangan dengan kebebasan Pers sebagai pilar demokrasi.

"Bila benar adanya sterilisasi wartawan di acara itu maka Kapolda Sumut dan pejabat utamanya harus segera meminta maaf kepada wartawan, karena ini jelas bentuk komunikasi yang tidak baik dengan mitranya yakni pers sebagai sumber utama pemberitaan di internal mereka," tegas Direktur LBH Medan, Irvan Saputra SH MH saat diminta tanggapannya kepada media, pada Sabtu (22/7/2023) siang.

Ditegaskan Irvan, mengapa Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi harus meminta maaf, dikarenakan pertama, pers itu adalah salah satu pilar demokrasi yang dilindungi Undang-undang yakni UU Pers Nomor 40 tahun 1999. 

"Undang-undang Pers itu jelas melindungi pers untuk dapat meliput ataupun mencari informasi atau data untuk mengolah suatu informasi publik yang dalam hal ini misalnya dengan pelantikan ataupun sertijab Kapolda seperti itu, ini merupakan hak dari rekan-rekan wartawan," sebut Irvan. 

Oleh karena itu, LBH Medan sangat menyayangkan dengan tidak diperbolehkannya wartawan baik media TV, cetak, dan online masuk meliput ke acara tersebut. 

 "Ada apa kira-kira? Kenapa bisa seperti itu, atau kalau ada wartawan lain juga boleh masuk berarti ini bentuk diskriminasi terhadap rekan-rekan pers yang memang tidak dibolehkan masuk," tegas Irvan lagi.

Makanya, pejuang HAM yang intens membela kaum lemah dan tertindas ini meminta kepada pejabat utama Polda Sumut untuk segera meminta maaf. Ia juga menegaskan jangan lagi hal ini terulang lagi.

"Bila perlu Kapolda yang baru ini meminta maaf kepada rekan-rekan pers, jangan lagi mengulangi perbuatan ini. Karena apa, karena ini tidak baik untuk demokrasi. Lagian untuk apa sih ditutupi? Kalau tidak ada wartawan, bagaimana Polda Sumut merilis hasil pekerjaan mereka ke masyarakat," pungkas Irvan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi saat  dikonfirmasi oleh media ini, pada Sabtu (22/07/23), alasan apa melarang wartawan masuk ke acara tersebut dan bagaimana tanggapan nya selaku Kabid Humas Poldasu, hingga berita ini dinaikkan tidak ada menjawab,.

( Red )


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama