Banjir Bandang Melanda Haranggaol Kabupaten Simalungun

Kondisi banjir di Kabupaten Simalungun. ( Foto dok. Sarwedi )


GARUDANEWS.net // SIMALUNGUN ||Terjadi banjir bandang yang melanda  Nagori Purba Pasir. Kecamatan Haranggaol Harison Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera utara, Selasa (20/12/2023) sekitar sore, pukul 17:00 WIB.

Saat banjir cuaca terang dan tidak hujan, dari keterangan dari Sekdes Dusun 2 , Nagori Purba Pasir Karel Boloni Haloho 

Jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana banjir bandang sebanyak 23 KK, dengan jumlah  jiwa 83 orang, terdiri dari Lansia 12 orang, anak-anak 28 orang, dewasa 43 orang. Korban jiwa/meninggal tidak ada, maupun korban hilang

Kerusakan akibat banjir bandang, sebanyak 2 rumah warga hanyut terbawa banjir, milik Romatio Sitio, dimana pada saat kejadian pemiliknya sedang sakit berobat ke luar kota, dan Zul Haloho / rumah anak rantau, dan 22 makam / kuburan hilang terbawa air, serta 10 rumah rusak berat 

Diketahui jumlah pengungsi sebanyak 7 Kepala Keluarga, dimana selebih nya korban yang terdampak ada  mengungsi mandiri, di rumah keluarga/kerabatnya dan tetangga.

Dapur umum saat ini sampai pukul 12.00 WIB siang, berasal dari swadaya dari masyarakat setempat, yang berpusat di rumah Kades/Pangulu Nagori Putra Pasir.

Puluhan anggota TNI / Polri, BPBD Simalungun sudah hadir di lokasi untuk membantu masyarakat membersihkan puing-puing bangunan yang rusak akibat terdampak banjir.


Dari pantauan awak media Garudanews.net pukul 12.25 WIB, bantuan beras dari Dinas sosial Kabupaten Simalungun sudah datang untuk 23 Kepala Keluarga, dan alat-alat berat pun sudah tiba.

Informasi yang didapat dari Kades/ Pangulu Horman Haloho dan Sekdes Nagori Purba Pasir, Karel Boloni Haloho, bahwa untuk pemulihan normalisasi  terhadap korban dan area yang terdampak bencana tidak dapat di tentukan waktunya,karena dikhawatirkan adanya banjir susulan.

Untuk kebutuhan makan pengungsi hingga  saat ini masih di tanggulangi oleh swadaya masyarakat setempat.

(Sarwedi)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama