DPD RI Gelar Diskusi Publikasi Bersama Wartawan dan Media Massa Daerah

 

Diskusi DPD RI bersama insan pers. ( Foto dok. Juliyanto )



GARUDANEWS.net // BOGOR || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI) utusan Jawa Barat menggelar diskusi bincang-bincang ringan dalam forum komunikasi bersama para jurnalis dan Pimpinan Redaksi Media Massa Daerah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Depok, bertempat di Resto Gumati, Jl. Paledang, Kota Bogor, Rabu (20/12/2023). Hadir sebagai pembicara, Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan Media, Heru Firdan bersama Kasubag media, Budi Fitra Helmi, serta narasumber media, Sarif, mewakili PWI Kota Bogor. 

Pertemuan membahas tentang peran penting media massa dalam publikasi kinerja DPD RI Utusan Provinsi Jawa Barat. 

Membuka forum komunikasi, Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan dan media, Heru Firdan menyampaikan, perlunya diskusi bersama media massa di wilayah Bogor dalam rangka menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat tentang kinerja DPD RI di daerah, diharapkan masyarakat lebih memahami tentang peranan dan fungsi DPD RI dalam penyampaian aspirasi dan program kegiatan masyarakat di daerah, hingga benar-benar sampai ke tingkat pusat. Selain itu, lanjut dia, peran media juga dibutuhkan untuk edukasi kegiatan program kerja DPD RI, baik yang sudah berjalan atau pun program kegiatan yang akan datang di wilayah Kota dan Kabupaten Provinsi Jawa Barat. 

"Dengan forum komunikasi ini kami sampaikan apresiasi kepada wartawan dan Pimpinan media, dimana nantinya kita perlu informasikan kepada masyarakat luas tentang DPD RI di daerah agar nantinya aspirasi masyarakat dan program kerja DPD RI daerah dapat benar-benar tercapai," jelas Firdan. 

Dikesempatan sama, Kasub Pemberitaan DPD RI Jawa Barat, Budi Fitra Helmi, menyebutkan, isu utama media massa tentang DPD RI dalam konteks penyampaian berita atau pun publikasi kinerja perlu lebih intensif disampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui fungsi lembaga DPD RI di daerahnya. Berdasarkan data informasi, kata Budi, keberadaan DPD RI fungsi kelembagaannya belum banyak dikenal masyarakat daerah di wilayah Indonesia. 

"Lembaga DPD RI secara optimal belum banyak dikenal masyarakat. Jadi dalam hal ini kami mencarikan solusinya dengan membuka forum komunikasi bersama media massa dan wartawan daerah. Secara tugas pokok dan fungsi lembaga, kami melakukan publikasi kegiatan DPD RI utusan daerah (Jawa  Barat) maupun DPD RI pusat ke seluruh wilayah Indonesia," terangnya. 

Ia menambahkan, melalui forum komunikasi media pers daerah, kedepannya program kerja DPD RI Jawa Barat bisa lebih dikenal masyarakat luas. 

"Alhamdulillah di forum ini kita sudah menemukan titik terang, dan mungkin kita akan tindak lanjuti di 2024 nanti melalui forum ini lagi. Informasi program kegiatan DPD RI kita harapkan nantinya dapat sampai ke masyarakat secara menyeluruh," tutup Budi, usai kegiatan diskusi bersama media pers daerah.

Nampak hadir di acara tersebut, Wakil Sekretaris Umum PWI Kota Bogor, Pimpinan Redaksi media massa, tokoh pers dan wartawan harian jurnal daerah.

(Juliyanto)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama