Desa Cijayanti Adakan HUT Ke 97 Tahun

 

Tampak Kepala Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Paojan sedang menerima seekor Ayam hasil ternak dari warga Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.( Foto: Ansori)

GARUDANEWS.net // BOGOR || Jumat 31 Mei 2024 bertempat didepan pasar tradisional Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor yang bersebelahan dengan Kantor Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Desa Cijayanti memasuki usia nya ke 97 Tahun adakan pesta rakyat dengan meriah.

Kegiatan pesta rakyat ini diawali dengan festival Dongdang, menari oleh warga Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor serta pawai.

Sedangkan menurut Kepala Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Paojan,kepada Garuda News.Net disela-sela acara HUT Ke 97 Tahun Desa Cijayanti mengatakan, "Festival Dongdang ini diikuti sebanyak 10 Dongdang yang mana peserta Dongdang itu dari masing-masing RW yang ada di Desa Cijayanti," dan sudah menjadi tradisi dan budaya yang ada di Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor,juga memiliki filosofi yakni membangun keguyuban dan kelestarian alam di wilayah Kabupaten Bogor ujarnya.

Lebih lanjut menurut Paojan, "Bisa Kita lihat melalui festival Dongdang ini semuanya guyub (bergabung-red),gotong royong,serta terlihat persatuan nya mulai dari membuat nya dan menggotong Dongdang bersama tanpa ada batas maupun perbedaan,jadi semuanya bersatu".Kemudian didalam nya juga mengajarkan bagaimana masyarakat kreatif,dalam membuat makanan, menghias Dongdang semenarik mungkin ujar pria murah senyum ini.

Masih menurut Paojan, "Peringatan HUT HJC (Hari Jadi Cijayanti) ke 97 Tahun dilaksanakan selama satu hari,ini menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor karena bisa menunjukkan hasil karya dan hasil pertanian yang ada di Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dihadapan panitia dan para tamu undangan lainnya", turut hadir Camat Babakan Madang Kabupaten Bogor Aden Makmur, Kapolsek Babakan Madang,Kapolsek Babakan Madang,Danramil Babakan Madang dan unsur Muspika lainnya. 

" Ya momen ini menjadi kebanggaan Kami selaku Aparatur Desa Cijayanti dan masyarakat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor ini menjadi kebanggaan bagi Kami dan masyarakat Desa Cijayanti," ujar pria botak ini.

(Ansori)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama