Puluhan Tahun Warga Langkat Nggak Menikmati Pembangunan Infrastuktur

Kondisi jalan infrastruktur di Langkat.



GARUDANEWS.net // LANGKAT || Warga Desa Adnin Tengah, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat mengeluhkan buruknya kondisi jalan didaerah setempat. Sudah puluhan tahun masyarakat yang tinggal di wilayah pemukiman padat penduduk itu mengaku tidak pernah menikmati infrastruktur yang layak. 


Pengamatan awak media, Sabtu (20/7/24). Jalan tersebut merupakan jalan lingkar empat desa, tiga kecamatan yaitu Desa Parangguam, Desa Adnin Tengah Kecamatan Salapian dan Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei, Desa Garunggang kecamatan Kuala. Sekitar 20 km, jalan tersebut tidak beraspal. Tanah merah menjadi jalur utama yang mesti dilintasi setiap pengendara bermotor roda dua maupun roda empat, tampak berjalan pelan dan ekstra hati-hati. 


Salah seorang warga bermarga Ginting kepada wartawan mengaku, sudah puluhan tahun ia tinggal di daerah tersebut, kondisi jalan tidak pernah dilakukan pembangunan seperti di aspal hotmix. 


Padahal, kata Ginting di daerah tersebut sudah padat penduduk. "Sudah puluhan tahun enggak pernah diaspal. Ya beginilah kondisinya, becek kalau musim hujan. Kalau panas banyak debu, bahkan beberapa waktu lalu, ada juga mobil toyota hartop sudah pernah terbalik melintasi jalan tanah merah pada musim hujan, " ujarnya, Sabtu (20/7/24). 


Ia berharap kondisi jalan di desanya dapat diperbaiki sehingga aktivitas warga bisa berjalan lancar. "Coba saja mereka (Pejabat) lihat ke sini. Biar ikut merasakan seperti yang kami alami berhari-hari tidak pernah menikmati jalan bagus", ucapnya. 


Sementara, salah seorang anggota BPD yang tidak ingin namanya di publikasikan, kepada wartawan kalau kita keluar dari Desa Tambunan sampai Desa Telagah lebih kurang 20  km bang, tapi yang termasuk kondisi yang sangat susah di lalui ataupun rusak berat dari Parangguam menuju Desa Garunggang, dan Desa Telagah, kecamatan Sei Bingei bang, kata seorang anggota BPD


"Besar harapan kami dari Pemerintah Kabupaten Langkat dapat memperhatikan jalan utama menuju Desa kami dapat di aspal hotmix", ungkapnya. 


"Apakah kami ini bukan warga Kabupaten Langkat",  sambungnya dengan kesal.


Perlu diketahui Desa Adnin Tengah, Kecamatan Salapian merupakan salah satu Desa paling ujung di Kecamatan Salapian, selain Desa Parangguam. Jarak tempuh dari Desa Adnin Tengah menuju Kecamatan Salapian sekitar 30 km. Namun, jika masuk dari Desa Garunggang, kecamatan Kuala, dan Desa Telagah menuju ke Kecamatan Salapian jarak tempuh sekira 40 km. Jalan utama Desa Adnin Tengah merupakan jalan lingkar dari empat desa, tiga kecamatan, yaitu Desa Pamah Tambunan, Desa Adnin Tengah, Kecamatan Salapian, Desa Garunggang Kecamatan Kuala dan Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei dan bisa tembus menuju Kabupaten Karo.


(Tim/Mul)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama