Kelurahan Martubung dan Sei mati gelar Deklarasi STOP-BABS

Kapus Medan Labuhan, dr. Imelda Iriana Purba, MKM, dalam kegiatan Stop BABS.



GARUDANEWS.net // MEDAN LABUHAN || 28 Agustus 2024 – Dalam rangka menuju Kota layak Sehat 2 Kelurahan di Kecamatan Medan labuhan menggelar  Deklarasi"Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)", yang merupakan  pilar 1 dari 5 pilar STBM


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat.


Acara yang berlangsung di Kantor Camat Medan Labuhan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kader kesehatan, tokoh masyarakat, hingga perwakilan pemerintah setempat. Kepala Puskesmas Medan Labuhan, dr. Imelda Iriana. Purba, MKM, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Deklarasi ini agar seluruh masyarakat dan para pemangku dapat konsisten menjaga kebersihan lingkungan terutama tidak Buang Air Besar Sembarangan


Dalam acara ini kegiatan edukasi, mulai dari penyuluhan tentang bahaya BAB sembarangan. Selain itu, UPT Puskesmas Medan Labuhan juga melakukan monitoring dan evaluasi di beberapa titik rawan untuk memastikan keberlanjutan program ini.


Warga masyarakat  mengungkapkan rasa terima kasihnya atas Deklarasi ini," Sekarang kami lebih paham pentingnya memiliki jamban sehat dan tidak buang air besar sembarangan. Ini demi kesehatan keluarga kami juga,” ujarnya.


UPT. Puskesmas Medan Labuhan akan terus mengawal dan mendampingi masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.


Kepada media, Kepala UPT Puskesmas Medan Labuhan, dr. Imelda Iriana Purba, MKM mengatakan bahwa, sanitasi yang buruk secara terus menerus akan menyebabkan kejadian penyakit-penyakit berbasis lingkungan seperti Diare, Thypoid, Penyakit Kulit, Hepatitis A dan lain sebagainya, sedangkan dari aspek kerugian ekonomi dari dampak buruknya sanitasi nilainya sangatlah besar ketika telah terjadi suatu penyakit dan lain sebagainya.

(Tim)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama