Kades Sasak Panjang Sambut Baik Penyerahan Bantuan Samisade di Kecamatan Tajurhalang

Penyerahan dana Samisade tahun anggaran 2024. ( Foto dok. Juliyanto )



GARUDANEWS.net // TAJURHALANG - BOGOR || Pj. Bupati Bogor, Asmawa Sotepu menghadiri penyerahan dana Samisade tahun anggaran 2024 di Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor. Secara resmi dana bantuan Samisade diserahkan Pj. Bupati bogor kepada 10 Kepala Desa dari perwakilan Kecamatan lainnya bertempat di lokasi kapling bangunan baru kantor desa sasak panjang, belum lama ini. 


Di acara tersebut Pj. Bupati Bogor Asmawa Sotepu mengingatkan, Dana Bantuan Samisade yang telah diterima kepala desa, sebaik-baiknya dimanfaatkan secara maksimal, efektif, efisien, dengan pengelolaan transparan dan akuntabel. Hal itu menurutnya, untuk progres percepatan pembangunan infrastruktur desa. 


Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, semangat utama bantuan keuangan infrastruktur desa atau Samisade adalah untuk mengakselerasi, mempercepat kemajuan pembangunan infrastruktur desa. Oleh karenanya, ia berharap kepada para kepala desa maksimalkan pemanfaatannya secara efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.

 

“Saya titip Samisade ini yang anggarannya sangat besar, maka laksanakan program pembangunan infrastruktur desa ini dengan baik sesuai perencanaannya. Dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya secara transparan dan akuntabel, sesuai dengan tujuan programnya untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Asmawa, dilansir tim media Kabupaten Bogor.


Asmawa mengaku bangga di Kabupaten Bogor bisa memberikan bantuan keuangan infrastruktur desa sebesar satu milyar satu desa. Di tempat lain belum tentu bisa melakukan ini, maka manfaatkan anggaran ini semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. 


Terkait bilamana diduga terjadi hal teknis pelaksaan pembangunan desa, Ia mengatakan, hal tersebut dikembalikan kewenangannya kepada pemerintahan desa. 


Sanksi diserahkan kepada masing-masing desa. Kalo misalnya penyedianya tidak ada yang bisa dilakukan dengan secara swakelola dan hanya bisa dilakukan dengan pihak ketiga (kontraktor-red), ya' tentu dibolehkan yang penting cara pelaksanaannya sesuai ketentuan ya," tegasnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Sasak Panjang, Andy Umi Yulaikah, M.Pd., menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Bogor dengan kegiatan penyerahan Samisade infrastruktur desa yang dihadiri Pj. Bupati Bogor. 


"Pj Bupati berkunjung ini (di desa sasak panjang), kami sama-sama semangat membangun Kabupaten Bogor yang termaju. Dengan kegiatan ini kita yang sudah maju akan maju lagi" ujarnya, usai kegiatan penyerahan Samisade di pendopo kediaman Kades Andy, Jumat (26/7). 


Lebih lanjut kata Kades Andy, sebagai status desa mandiri tahun 2024 akan menggunakan dana desa untuk pembangunan infrastruktur akses jalan lingkungan desa. 


"Untuk jalan, karena jalan desa sasak panjang ini termasuk desa paling luas. Alhamdulillah di tahun depan desa sasak panjang juga bisa menggunakan dana desa karena statusnya sudah desa mandiri," tandasnya. 


Untuk pembangunan gedung infrastruktur desa, Kades Umi menyebutkan, kantor desa di atas lahan seluas 1.000 m2 yang merupakan pinjam pakai dari Pemkab Bogor, mulai dibangun kantor desa dua lantai seluas 600 m2 berikut dengan fasilitas Aula dan Masjid. 


Seperti diketahui, penyerahan simbolis Dana satu milyar satu desa (Samisade) di kantor Desa Sasak panjang diberikan kepada 10 Desa yang tersebar di beberapa Kecamatan, yaitu Desa Sasakpanjang Kecamatan Tajurhalang, Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang, Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojonggede, Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas, Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng, Desa Padurenan Kecamatan Gunung Sindur, Desa Mekarsari Kecamatan Rancabungur, Desa Bojong Indah Kecamatan Parung, Desa Parakan Jaya Kecamatan Kemang dan Desa Cimandala Kecamatan Sukaraja.


 (Juliyanto)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama