Pj Bupati Hadiri Pembukaan Kejuaraan Wushu Piala Agus Andrianto Pemanasan Jelang PON Sumut-Aceh

Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM, hadiri pembukaan Kejuaraan Wushu Sanda Master Sumut memperebutkan Piala Agus Andrianto 2024.( Foto dok. Candra Setia)



GARUDANEWS.net // DELI SERDANG ||Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri pembukaan Kejuaraan Wushu Sanda Master Sumut memperebutkan Piala Agus Andrianto 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara (Sumut) Jalan Williem Iskandar, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Selasa (20/8/2024).



Pada pembukaan itu, Wakapolri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menyebutkan, Pengurus Provinsi (Pengprov) harus menyiapkan atlet serta regenerasinya. 



"Terpenting adalah bagaimana kita menyiapkan atlet kita menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON), kemudian melahirkan atlet nasional dan juga level internasional. Kita harap keberhasilan ini bisa menular ke cabang olahraga (cabor) lainnya," kata Wakapolri yang juga Pembina di Pengprov Wushu Sumut ini.



Sebelumnya, Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Drs Agus Fatoni MSi dalam sambutannya mengemukakan kejuaraan tersebut menjadi turnamen pemanasan menuju PON XXI Aceh-Sumut.



Pj Gubsu meyakini cabor Wushu bisa berbicara banyak pada PON XXI Aceh-Sumut, sebab selama 20 tahun terakhir, Wushu menjadi penyumbang medali terbanyak untuk Sumut.



Fakta itu menandakan pengelolaan Wushu Sumut sudah cukup maksimal, sehingga secara berkesinambungan terus menemukan atlet-atlet unggulan. Salah satu cara untuk menjaga konsistensi tersebut adalah dengan kompetisi, seperti Kejuaraan Wushu Sanda Master ini.



"Selama 20 tahun terakhir Wushu menjadi penyumbang emas terbesar di PON. Sangat penting menjaga kualitas dan mencari bibit baru dan ini dilakukan Pengprov Wushu dengan sangat baik," puji Pj Gubsu. 



"Kebanggaan kita menjadi tuan rumah, bila di PON sebelumnya kita dapat lima medali emas dan lima perak, di PON kali ini yang perak bisa kita ubah menjadi emas, jadi 10 emas," sambung Pj Gubsu.



Di tempat yang sama, Wakapolda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana Tarigan selaku ketua panitia melaporkan, turnamen tersebut diikuti 32 atlet dari DKI Jakarta, Aceh, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumut.



"Sumut ada 18 atlet, Aceh dua, Jakarta dua, Jawa Barat dua, Jawa Tengah tiga, Kalimantan Timur satu, Sumatera Selatan dua dan Sumatera Barat dua. Penyelenggaraannya dua hari, hari ini penimbangan berat badan dan besok (Rabu) mulai bertanding," jelas Wakapolda Sumut.



Hadir pada pembukaan kejuaraan tersebut, Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut; Wakil Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Iwan Kwok, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, John Ismadi Lubis; para pejabat Mabes Polri dan organisasi perangkat daerah (OPD) Sumut dan Deli Serdang.


( candra)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama