Polres Tanjung Balai Gelar Sispamkota Pengamanan Tahapan Pilkada 2024

 

Kapolres Tanjungbalai saat memantau Dipamkota.( Foto dok. Usna )



GARUDANEWS.net // TANJUNGBALAI || Polres Tanjung Balai menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024 bertempat di Lapangan Apel, Kamis (15/08/2024).


Kapolres Tanjung Balai AKBP YON EDI WINARA SIK, SH, MH, menjelaskan bahwa Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dirancang untuk mengelola dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada)


"Tujuan utama dari simulasi ini adalah agar seluruh personel mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan dalam menangani rangkaian kegiatan proses pilkada untuk mewujudkan proses pemilu berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan aturan yang berlaku,"Ujar Kapolres Yon Edi


Ada beberapa peragaan yang dilaksanakan dalam simulasi ini seperti Pengendalian Massa (Dalmas) Dalmas awal, Dalmas lanjut, Negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob yang terlibat. Personel dilatih untuk menghadapi potensi gangguan selama tahapan pemilu, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.


"Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada. Titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan kami, "Ucap Kapolres


Pelaksanaan simulasi ini untuk melatih kesiapsiagaan seluruh personel pengamanan dalam mencegah situasi yang mengganggu proses Pilkada. "ucap Kapolres.


(Auda)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama