Sosialisasi Penertiban dan Tertib Berlalulintas Sukseskan PON 2024

Kepala Satuan (Kasat) Lalulintas (Lantas) Polresta Deli Serdang, Kompol Budiono Saputro menghadiri Sosialisasi Penertiban dan Tertib Berlalulintas. (Foto ; Candra Setia )




GARUDANEWS.net // DELI SERDANG ||Kepala Satuan (Kasat) Lalulintas (Lantas) Polresta Deli Serdang, Kompol Budiono Saputro menghadiri Sosisalisasi Penertiban dan Tertib Berlalulintas untuk Menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Lubuk Pakam (Pintu Tol Tanjung Morawa-Simpang Kayu Besar), Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa, Selasa (13/8/2024).



Dalam paparannya, Kompol Budiono menjelaskan, penertiban dan tertib berlalulintas kepada masyarakat merupakan langkah sangat penting dalam upaya pencegahan kecelakaan lalulintas (Lakalantas). 



Lakalantas bisa mengakibatkan kerugian besar, termasuk hilangnya nyawa manusia, cedera serius, dan kerugian materi. "Oleh karena itu, penegakan hukum dan penertiban lalulintas adalah bagian sangat vital dalam menjaga keselamatan jalan raya," jelasnya.



Satlantas Polresta Deli Serdang, sambung Kompol Budiono, akan mengambil tindakan hukum terhadap pelanggar lalulintas sesuai pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, Satlantas Polresta Deli Serdang juga melakukan penertiban lalulintas dengan mengatur lalulintas di titik-titik rawan kecelakaan atau kemacetan. 



"Ini dapat dilakukan dengan bantuan petugas lalulintas yang mengatur lalulintas atau pemasangan rambu-rambu dan marka jalan yang jelas dalam rangka PON XXI Aceh-Sumut 2024," sambungnya.



Satlantas melakukan pengawasan terhadap kendaraan bermotor, termasuk pemeriksaan surat-surat kendaraan, kelengkapan kendaraan, dan aspek keamanan seperti penggunaan helm dan sabuk pengaman.



"Kami mengimbau masyarakat luas agar tidak melakukan pelanggaran utama yaitu melawan arus lalulintas hal ini sangat berbahaya bagi pengendara dan orang lain," imbau Budiono.



Di tempat yang sama, Camat Tanjung Morawa, Ibnu Hajar memberi apresiasi terhadap upaya yang akan dilakukan Satlantas Polresta Deli Serdang tersebut. Satlantas Polresta Deli Serdang juga melakukan kampanye edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi peraturan lalulintas dan menjaga keselamatan di jalan raya.



"Upaya ini bukan hanya untuk menegakkan hukum, tetapi juga sebagai langkah awal dalam memberi pelayanan masyarakat yang kompeten. Dengan menjaga keamanan lalu lintas. Mari sukseskan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024," ajaknya.


( candra)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama