Hilang Saat Melaut, Nelayan Pantai Labu di Temukan Meninggal Dunia

Tim SAR berhasil menemukan mayat seorang nelayan yang hilang saat melaut.




GARUDANEWS.net // DELI SERDANG ||Dua hari menghilang dilaut, Ansari (57) Warga Dusun III Desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.


Informasi dihimpun, Hilang seorang nelayan pencari udang tersebut terjadi pada Hari Selasa, 17 September 2024 di Muara Kuala Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.


Kanit Unit Markas Polairud Pantai Labu unit Iptu Turisno yang dikonfirmasi awak Media Membenarkan informasi tersebut.


" Benar bang, Team SAR gabungan dari Personil Kapal Patroli Dit Polairud Polda Sumut, Personil Unit Markas Polairud Deli Serdang, Personil POSAL Lantamal I Pantai Labu dan Personil BASARNAS Secara intens melakukan pencarian sejak hari pertama," ujarnya.


Dengan menyusuri Perairan Kuala Paluh Sibaji Pantai Labu - Perairan Muara Kuala Bagan Serdang - Perairan Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.


Akhirnya, Dihari Kedua pencarian korban akhirnya membuahkan hasil, korban ditemukan dalam kondisi terapung dalam keadaan meninggal dunia dan telah dievakuasi. Ujar Iptu Turisno. Kamis (19/09/2024) sore.


Dijelaskan Iptu Turisno, Tim Sar Gabungan Melakukan OPS SAR Pencarian H2 pd tikor 3°42'17.38"N 98°50'25.93"E dgn membagi Tim menjadi 2 (dua) SRU yaitu SRU I akan melakukan pencarian dgn menggunakan LCR milik KPP Medan dengan luas area penyisiran sejauh ± 5 km arah Pantai Cermin.


Sedangkan SRU II akan melakukan pencarian dgn perahu milik nelayan dengan luas area penyisiran sejauh ±6 KM ke arah Barat Barat Laut dari LKP.


"Korban Ansari, berhasil ditemukan Team SAR gabungan Personil Kapal Patroli Dit Polairud Polda Sumut dan Basarnas di bantu nelayan, terapung di Bui- I perairan Belawan dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 13.30 Wib".


Tim Gabungan berhasil menemukan korban sekitar ± 15 NM dari LKP pd koordinat 3°53'59.17"N 98°46'34.32"E arah Utara Barat Laut dalam keadaan Meninggal Dunia, selanjutnya korban di evakuasi menggunakan RIB milik Polair Belawan dan pada TW 09191300 G RIB Polair Belawan yang mengevakuasi korban telah sandar di Dermaga Belawan


Selanjutnya, Oleh pihak keluarga korban selanjutnya membawa jenazah ke rumah duka, untuk proses pelaksanaan fardu kifayah korban.


“Sebab keluarga korban setelah datang ke lokasi dan telah membuat surat pernyataan untuk tidak dilakukan autopsi ataupun visum et revertum terhadap jenazah”.


Dengan telah ditemukannya korban maka Operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan seluruh unsur SAR terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing dengan diucapkan terima kasih. Pungkas Kanit Unit Markas Polairud Pantai Labu unit Iptu Turisno.

( candra)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama