Inggris UIN Mataram Sukses Adakan International Cross-Cultural Communication Trainning

 

Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram



GARUDANEWS.net // MATARAM ||27 September 2024, Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menyelenggarakan "International Cross-cultural Communication Training" yang dihadiri mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram khusunya Program Studi Tadris Bahasa Inggris bersama dengan Mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia (UPM). Kegiatan ini berlangsung pada Jum'at pagi, 27 September 2024 yang mengambil tempat di Gedung Terpadu SBSN, UIN Mataram.


Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Inggris UIN Mataram, Soni Ariawan, S.Pd., M.Ed yang menyambut dengan hangat dan memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa dari Universitas Putra Malaysia (UPM) serta memaparkan seberapa pentingnya kegiatan ini untuk dapat saling bertukar bahasa, budaya dan kolaborasi riset mahasiswa antara kedua belah pihak. Wakil Dekan III FTK UIN Mataram, Dr. H. Akhmad Asyari, M.Pd. dalam sambutan beliau secara resmi membuka sesi kelas training ini mengatakan bahwa pimpinan Fakultas dan Universitas terus mendukung kegiatan internasional, terlebih kehadiran mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia ini menegaskan bahwa UIN Mataram adalah kampus unggul yang menjadi destinasi kunjungan kampus luar negeri.


Selanjutnya, sambutan juga dilanjutkan oleh Dosen Pendamping dari University Putra Malaysia, Ahmad Alfan Hidayat Bin Ahmad Khalili yang menyampaikan. pengalamannya selama di Lombok khususnya di UIN Mataram. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas forum pertukaran Bahasa dan budaya yang diadakan oleh prodi Tadris Bahasa Inggris karena akan menambah pengetahuan Bahasa dan budaya mahasiswa UPM.


International Cross-cultural Communication ini merupakan kegiatan dimana mahasiswa dapat saling bertukar budaya, bahasa dan pikiran untuk lebih mengenal negara masing-masing yang juga bertujuan untuk dapat melakukan pertukaran pelajar bagi masing-masing mahasiswa baik itu pertukaran dari mahasiswa UIN Mataram menuju ke Universiti Putra Malaysia maupun sebaliknya. Di sinilah


pertukaran itu dimulai, dimana adanya presentasi mengenai negara masing-masing yang diawali oleh UIN Mataram yang banyak memaparkan tentang Indonesia terlebih memaparkan tentang Lombok yang merupakan Lokasi dari UIN Mataram. Selain presentasi dan sharing dari mahasiswa prodi TBI, diikuti juga oleh pemaparan yang mendalam mengenai Malaysia yang diwakili oleh salah satu mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia yaitu Heldino Hezery Eldrige. Pada presentasinya ia banyak memaparkan tentang kehidupan di Malaysia, suku, adat- istiadat, pakaian, permainan tradisional, makanan dan perayaan-perayaan yang ada. di Malaysia.


Kegiatan ini berlangsung semakin seru ketika sesi tanya jawab dimulai. Pada sesi ini mahasiswa dari UIN Mataram banyak melontarkan pertanyaan kepada mahasiswa Universiti Putra Malaysia tentang budaya mereka yang ada di Malaysia.


Tak kalah, mahasiswa dari UPM juga melontarkan beberapa pertanyaan untuk mengenal lebih jauh tentang budaya yang ada di Indonesia. Sehingga, sesi tanya jawab ini terasa seperti sesi diskusi dan ngobrol bersama antara kedua belah pihak. 


Tak jarang juga terjadinya canda dan tawa yang tercipta karena adanya perbedaan bahasa yang cukup jelas antara Indonesia dan Malaysia. Akan tetapi hal itu tidak menjadi penghalang bagi mereka semua untuk dapat bertukar informasi.


Acara ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama antara dosen pendamping, mahasiswa UIN Mataram beserta Universiti Putra Malaysia. Suasana kebersamaan. dan keakraban sangat terasa pada momen penutupan ini dikarenakan seluruh mahasiswa yang hadir dapat berinteraksi lebih lanjut menciptakan hubungan yang erat untuk dapat menciptakan kolaborasi yang lebih baik lagi di masa mendatang.


( Izi )

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama