Kegiatan International Student Sharing Session: "Cultural Differences and Similarities Between Indonesia and Malaysia"

 

kegiatan International Student Sharing Session yang mempertemukan mahasiswa Universiti Putra Malaysia (UPM) dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram.

 

GARUDANEWS.net // MATARAM || 27 Agustus 2024,  Penguatan Kolaborasi Intenational Himpunan Mahasiswa Program Studi PAI UIN MATARAM dengan bangga mengadakan kegiatan International Student Sharing Session yang mempertemukan mahasiswa Universiti Putra Malaysia (UPM) dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antarnegara dan meningkatkan pemahaman budaya antara Indonesia dan Malaysia.


Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini mengusung tema “Cultural Differences and Similarities Between Indonesia and Malaysia.” Dalam sesi ini, mahasiswa dari kedua universitas berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka mengenai perbedaan serta persamaan budaya dan system pendidikan yang ada di masing-masing negara.


Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, yang mengapresiasi kolaborasi internasional ini. "Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat saling belajar dan memahami nilai-nilai budaya yang ada, serta menjalin hubungan yang lebih erat di antara kedua negara," ujar Dr. H. Akhmad Asy’ari, M.Pd.




Selama sesi diskusi, para peserta membahas berbagai aspek Pendidikan, budaya, termasuk bahasa, adat istiadat, serta nilai-nilai religius yang menjadi pengikat masyarakat di Indonesia dan Malaysia. Mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan interaktif, seperti berbagi kegiatan kegiatan yang pernah dilaksanakan dari masing masing instansi ini


Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan wawasan mahasiswa, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi duta budaya dan pendidikan yang mampu menjembatani hubungan antarnegara. Dalam penutup acara, Dekanat menyampaikan harapan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala untuk memperkuat ikatan antara mahasiswa dari kedua negara.

(Izi)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama