Peduli Kesehatan Masyarakat, Fakultas Prodi Radiologi UNPRI bersama UPT Puskesmas Sentosa Baru Laksanakan Pemeriksaan Payudara dan Testis

 

Kegiatan Abdimas UNPRI di Puskesmas Sentosa Baru laksanakan pemeriksaan payudara dan testis mencegah kanker sejak dini.



GARUDANEWS.net // MEDAN ||14 September 2024 – Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (UNPRI) melalui program Pengabdian Masyarakat (Abdimas), kolaborasi perdana dengan UPT Puskesmas Sentosa Baru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya deteksi dini kanker payudara dan kanker testis


Program pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan pada Sabtu, (14/09/24), dan melibatkan tim spesialis dari Prodi Radiologi UNPRI yang berperan aktif dalam melakukan skrining. Melalui pemeriksaan payudara dan testis, masyarakat setempat mendapatkan kesempatan untuk memeriksa kesehatannya secara gratis.


"Kanker payudara dan testis dapat dicegah dengan deteksi dini. Pemeriksaan rutin sangat penting untuk mengurangi angka kematian akibat penyakit ini di masyarakat," ujar dr. Ikhwanul Hakim Nasution Sp.Rad, selaku perwakilan tim dari Fakultas kedokteran spesialis Radiologi dari prodi UNPRI sekaligus Kepala Departemen Radiologi dan dokter di RS. Murni Teguh.


Pemeriksaan yang dilakukan secara menyeluruh ini mendapat respons positif dari kader dan warga setempat, yang antusias mengikuti kegiatan yang juga disertai dengan penyuluhan kesehatan.


Kepala Puskesmas Sentosa Baru, dr. Hari Putra Dermawan,M.Hum(Kes), kepada wartawan menyampaikan apresiasinya kepada tim fakultas kedokteran Spesialis Radiologi dari UNPRI, dalam kegiatan Abdimas atau baksosnya dilaksanakan di puskesmasnya, dimana pemeriksaan payudara dan testis dalam pencegahan kanker sejak dini, sangat diperlukan dan belum banyak masyarakat yang peduli dan dianggap sebagai sesuatu hal yang menakutkan.


Harapannya, dalam kegiatan ini masyarakat dapat menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah berkembangnya kanker dalam tubuh kita dengan mengetahui sejak dini, dan ini juga menjadi program Walikota yang akan berlanjut di berbagai daerah lain serta direncanakan rutin dilakukan di Puskesmas Sentosa Baru dalam jangka waktu 6 bulan kedepannya, demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Perwakilan dari Camat Medan Perjuangan, yang disampaikan oleh Sekcamnya, Faisal, menyambut baik acara ini, dan secara positif mengapresiasi apa yang dilakukan oleh tim dari UNPRI dimana masalah kanker payudara dan testis ini masih dianggap tabu dan menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat.


Faisal mengatakan hal ini perlu menjadi perhatian bagi masyarakat, dimana biasanya hal semacam ini hanya berbentuk sosialisasi saja tanpa ada pemeriksaan secara medis, sehingga kurang mendapat perhatian dari masyarakat.


Kolaborasi ini menjadi salah satu bentuk nyata komitmen UNPRI dan UPT Puskesmas Sentosa Baru dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam pencegahan penyakit kanker sejak dini.


Hadi dalam acara tersebut Kolonel Purn. Dr. Ondo Supeno,Sp.Rad(K)TR, Ketua PDSRKI cabang Sumut, dr Robert Sinurat, Sp.Rad anggota PDSRKI, dr. Inda Kania meilani,Sp.Rad Subsp.TR(K), selaku dosen prodi UNPRI, dan dr.Ica Yulianti Pulungan,Sp.Rad (K), Sekretariat Prodi prodi Radiologi, serta dr. Ikhwanul Hakim Nasution, Sp.Rad Kepala Departemen Radiologi, dr Adi Soekardi Sp.Rad Subsp.TR(K), MARS Sekertaris Departemen Radiologi, juga Camat Medan Perjuangan yang diwakili oleh Sekcamnya, Faisal dan Kadis Dinkes Kota Medan yang diwakili dari P2P.


( Gus )

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama