Pj Bupati Deli Serdang Tinjau Banjir di Hamparan Perak


Pj Bupati Deli Serdang meninjau banjir di Hamparan Perak.



GARUDANEWS.net // DELI SERDANG ||Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM meninjau banjir di Perumahan Yuki, Dusun VI, Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak, Rabu (11/9/2024).



Sesampainya di lokasi, dengan menggunakan perahu karet dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang, Pj Bupati langsung masuk ke pemukiman yang dilanda banjir sejak beberapa hari lalu itu. 



Usai peninjauan, Pj Bupati mengatakan, banjir yang terjadi disebabkan curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Penyebab lainnya yaitu karena banjir pasang atau rob yang bersatu dengan aliran sungai dan paluh.



"Lalu bergabunglah dalam wilayah yang berbentuk cekungan. Ini karena pintu air sungai yang rusak, sehingga tidak bisa menahan debit air. Kemudian, ada sampah dan gulma dari hulu yang masuk ke dalam paluh, lalu menumpuk, dan akhirnya aliran air di permukaan paluh tidak bisa menampung air," jelas Pj Bupati.



Dijelaskan Pj Bupati, solusi yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS) yang memiliki kewenangan atas hal itu. Sebab, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Deli Serdang tidak punya wewenang. 



Pun begitu, Pemkab Deli Serdang tidak tinggal diam. Melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMK), sudah menurunkan satu unit Excavator untuk membersihkan seluruh permukaan sungai dan akan menambahkan alat berat lainnya.



Pemkab Deli Serdang juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk melakukan reboisasi terhadap tumbuhan di permukaan sungai, agar dilakukan penanaman kembali.



"Kita akan terus berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai untuk melakukan perbaikan pintu air yang sudah rusak," ucap Pj Bupati.



Pj Bupati mengimbau masyarakat terdampak banjir untuk bersabar dan mengurangi daya kapasitas sungai. Misalnya, untuk tidak membuang sampah ke sungai, tidak membangun pemukiman di sepanjang bantaran sungai.



"Kalau sudah seperti ini semua terkena dampaknya. Kita (Pemkab Deli Serdang), siap membantu segala keperluan masyarakat, mulai dari bahan makanan, pembuatan dapur umum, posko kesehatan, penyediaan obat-obatan. Tentunya, sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan agar tetap sedia di lokasi," jelas Pj Bupati.



Setelah peninjauan, Pj Bupati bersama rombongan mengecek kesiapan posko kesehatan, tenda pengungsi dan dapur umum.



Turut mendampingi Pj Bupati dalam peninjauan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Dedy Maswardi SSos MAP; Asisten Administrasi Umum, Drs David Efrata Tarigan MSP; kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait; Camat Hamparan Perak, Rahmat Azhar Siregar SSTP MM; Kepala Desa Hamparan Perak, Muhammad Helmi dan lainnya.


( candra)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama