Polres Pelabuhan Belawan Gelar Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja 2024

Polres Pelabuhan Belawan menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024.



GARUDANEWS.net // BELAWAN || Polres Pelabuhan Belawan menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 2 September 2024 di Lapangan Apel Polres Pelabuhan Belawan dan dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban, SH., SIK., MKP.



Dalam sambutannya, Kapolres Janton Silaban menyatakan bahwa simulasi Sispamkota ini merupakan bentuk kesiapan Polres Pelabuhan Belawan dalam mengantisipasi potensi kerawanan kontijensi selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024. "Simulasi ini dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh personel dalam mengamankan jalannya Pilkada serentak, mulai dari tahapan awal hingga akhir," ujarnya.



Polres Pelabuhan Belawan menampilkan berbagai skenario pengamanan, mulai dari situasi aman dengan patroli bersama instansi terkait, pengamanan lokasi kampanye, distribusi logistik pemilu, pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan rekapitulasi penghitungan suara, hingga pengendalian situasi unjuk rasa terkait Pilkada. Pada simulasi tersebut, turut ditampilkan dalmas awal, negosiator Polwan, dalmas lanjutan, serta penggunaan kendaraan taktis (rantis) seperti water canon milik Polres Pelabuhan Belawan.



Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Danlantamal I Belawan, Danyonmarhanlan I Belawan Mayor Marinir Remon Dabuke, perwakilan KPU Kota Medan dan Deli Serdang, perwakilan Bawaslu Kota Medan dan Deli Serdang, Sat Pol PP Kota Medan dan Deli Serdang, serta perangkat kecamatan dan PPK di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.



Kegiatan simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antar instansi terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Polres Pelabuhan Belawan menegaskan komitmennya untuk mengawal jalannya pesta demokrasi ini dengan aman, tertib, dan kondusif.. 


( F.L) 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama