PT Pelindo Regional 1 Belawan Turut Berpartisipasi dalam Kegiatan Bersih Pantai Bersama untuk Memperingati Harhubnas 2024

Kegiatan PT. Pelindo Regional I dalam memperingati Harhubnas.



GARUDANEWS.net // BELAWAN ||16 September  2024, Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024, PT Pelindo Regional 1 Belawan kembali menunjukkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan dengan ikut serta dalam kegiatan Bersih Pantai bersama yang diadakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Belawan (KSOP) di ShoreBase, Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) pada Jumat, 13/09.


Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB ini juga melibatkan partisipasi berbagai pihak dari sektor maritim, yakni Kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan yang secara bersama-sama membersihkan area pesisir pantai dan laut di sekitar Belawan.


PLH. Manager Umum PT Pelindo Regional 1 Belawan, Sabtia mengatakan kegiatan ini penting bagi pelestarian lingkungan. "Keikutsertaan kami dalam kegiatan Bersih Pantai ini merupakan bentuk nyata komitmen PT Pelindo Regional 1 Belawan untuk terus mendukung program pelestarian lingkungan. Pantai Belawan memiliki nilai strategis yang tinggi bagi aktivitas ekonomi dan transportasi laut, sehingga kelestariannya harus dijaga bersama," ujarnya.


“Sinergi antara stakeholder kepelabuhanan Belawan tidak hanya terbatas pada operasional pelabuhan, tetapi juga dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan. Bersama-sama, kita dapat membuat perubahan positif bagi wilayah pesisir dan masyarakat sekitar," tambahnya.


Kegiatan Bersih Pantai dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor KSOP Utama Belawan dan dilanjukan dengan pengarahan singkat dari panitia, diikuti oleh seluruh peserta dan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil yang bertugas menyisir area pesisir Pantai dan laut, memungut sampah plastik, botol, serta limbah lainnya yang berpotensi mencemari lingkungan laut.


Junior Manager TU/RT PT Pelindo Regional 1 Belawan, Zulhaydi Barika menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini juga bisa menjadi bentuk edukasi bagi para karyawan tentang pentingnya kesadaran lingkungan. 


"Kegiatan ini memberikan kita semua pelajaran bahwa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk para pelaku usaha seperti kami," ujarnya.


Junior Manager K3 dan Keamanan, Saufi Dasril menambahkan bahwa selain sebagai bentuk kontribusi sosial, kegiatan ini juga sejalan dengan standar keselamatan dan kesehatan lingkungan yang selalu dijaga oleh PT Pelindo. 


"Kami selalu memastikan bahwa setiap kegiatan operasional perusahaan memenuhi standar K3 dan menjaga keseimbangan lingkungan. Kegiatan Bersih Pantai ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung keselamatan dan kesehatan lingkungan di sekitar pelabuhan," jelasnya.


Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan, PT Pelindo Regional 1 Belawan berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pihak untuk terus menjaga dan melestarikan alam, khususnya di wilayah pesisir yang memiliki peran strategis dalam mendukung aktivitas perhubungan dan logistik di Indonesia.


(Tim)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama