Stadium Generale Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram Hadirkan Prof. Dr. Ahmad Thib Raya Bedah Kunci-kunci Kesuksesan

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram kembali menggelar kegiatan akademik  Studium Generale, dengan menghadirkan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA., Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


 

GARUDANEWS.net //MATARAM ||20 September 2024 – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram kembali menggelar kegiatan akademik  Studium Generale, dengan menghadirkan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA., Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai narasumber utama. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., bertempat di Auditorium UIN Mataram.


Pada sambutan pembuka, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Jumarim, M.HI., menyampaikan sambutan dengan menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari pengembangan akademik dan kompetensi mahasiswa. Beliau juga menekankan pentingnya mahasiswa proaktif untuk mencari informasi dan ilmu melalui kegiatan seminar, konferensi dan stadium generale seperti ini untuk memperluas horizon keilmuan dan menumbuhkan budaya akademik sejak di semester awal.


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Mataram. Beliau menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada pembicara yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan kepada civitas akademika UIN Mataram sampai saat ini sampai meraih predikat unggul. Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan pesan agar kita semua berlomba untuk meningkatkan perilaku dan tradisi unggul. “Salah satu tantangan kita berikutnya sebagai kampus unggul adalah melanjutkan  tradisi akademik dan memperluas worldview kita untuk peningkatan kualitas dan kompetensi individu dan institusi”, ungkapnya. Beliau juga mengapresiasi antusiasme mahasiswa dan dosen dalam mengikuti Studium Generale yang diharapkan dapat memperkuat visi UIN Mataram sebagai satu-satunya perguruan tinggi dengan akreditasi unggul di NTB.


Dalam pemaparan materinya, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya menyampaikan kunci-kunci menggapai kesuksesan yang sanga inspiratif. Beliau banyak menyampaikan pengalaman berharga berdasarkan pengalaman pribadi selama menuntut ilmu mulai dari jenjang S1, S2 dan S3 sampai menjadi menjadi Guru Besar di usia yang sangat muda. Dalam sesi materi yang dipandu oleh Wakil Dekan 1, Prof. Dr. Saparudin, M.Ag. ini, beliau menyampaikan 10-K dan 1-D sebagai kunci menggapai kesuksesan: Keimanan, Ketakwaan, keikhlasan, kemauan yang keras, Kesungguhan, Kerajinan, Kedisiplinan, Kejujuran, Kebaikan hubungan dengan orang lain, Kesabaran dan syukur dan Doa. “Kunci ini merupakan hasil dari pengalaman saya pribadi dan orang-orang sukses lainnya”, ungkapnya.  


Kegiatan yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram ini ini berlangsung interaktif. Puluhan mahasiswa termotivasi dan terinspirasi untuk mengajukan pertanyaan. Studium Generale ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa terlebih lagi langsung dari pembicara yang luar biasa.


(Izi) 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama