Warga Desa Bulusema, Kecamatan Suro Harapkan Ukuran Tangan Pemda Aceh Singkil

Kondisi rumah Birin warga Desa Bulusema.



GARUDANEWS.net // SINGKIL || 05 September 2024, Sangat miris nasib yang alami Birin, seorang warga miskin di Desa Bulusema Kecamatan Suro kabupaten Aceh Singkil, kondisi rumahnya tergerus aliran Sungai Sulampi. Kejadian yang di alami Birin ini, disampaikan nya kepada awak media ketika berada di Desa Bulusema, pada Rabu (04/08/24).


Dirinya menceritakan, sejak bulan September tahun 2024, rumahnya terus terkena abrasi air sungai, ketika musim penghujan tiba yang mengakibatkan air sungai Sulampi meluap dan banjir. Namun karena miskin, dan tidak mampu memindahkan rumahnya,sehingga Birin numpang di rumah warga yang kasihan.


Dengan linang air mata, Birin mengatakan perihal dirinya yang tidak berpendidikan,kurang mengetahui perkembangan dan kemajuan daerahnya, sehingga tidak tahu harus mengadu kemana. Pada saat pertama sekali rumahnya tergerus banjir, belum parah sekali, Pj Bupati Aceh Singkil, Drs Azmi M.AP, pernah melihat langsung kondisi rumahnya, mungkin karena belum ada anggaran, hingga saat ini belum tersentuh dan belum ada penanganan dari Pemda Aceh Singkil.


Ketika awak media mengkonfirmasi Kadis PU Aceh Singkil, Erwin mengatakan, terkait hal ini sudah di usulkan, dan menjadi prioritas di anggaran perubahan tahun ini, maupun anggarn induk tahun yang akan datang, karena langsung di ajukan oleh Maliyun Pohan, Ketua DPRK Aceh Singkil, tuturnya.


Ketika awak media hendak bertolak pulang, Birin juga menyampaikan pesan, kepada H Oyon, agar datang melihat kondisi rumahnya di Desa Bulusema. Sewaktu H. Oyon menjadi Bupati Aceh Singkil, jika ada kejadian seperti ini, tanpa kenal siang atau malam, bahkan hujan, badai, H. Oyon langsung turun dan memerintahkan instansi terkait untuk segera membantu.


" Sampaikan kepada H. Oyon, perihal jeritan hati kami orang miskin, mudah-mudahan berita ini, terbacanya,dan kami berharap jika nanti menjadi Bupati Aceh Singkil, tolong kami membuat Talud,agar rumah kami di Desa Bulusema ini yang ada di bantaran sungai dapat selamat dari longsor di saat banjir datang," pesan Birin kepada H. Oyon.


Sambil bahasa kampung,birin memanggil nama pak Oyon,dike kam pak Oyon......tolong kami masyarakat miskin pak,,,khohko mi senda pak,bantu kami pak...masah atemu.......pungkas Birin.



(Redaksi)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama